Selasa, 06 Desember 2016

Gambaran Umum MA Negeri Batang

Gambaran Umum MA Negeri Batang
   Tinjauan Historis
Peraturan Pemerintah (PP) No.29 tahun 1990, menyatakan bahwa Madrasah Aliyah sebagai Pendidikan Tingkat Atas yang berciri khas agama islam, dan sesuai UU Sisdiknas tahun 2003 Madrasah mempunyai salah satu sistem pendidikan nasional. Di Jawa Tengah dari 35 Kabupaten / Kota yang ada, tinggal Kabupaten Batang yang belum mempunyai Madrasah Aliyah Negeri. Siswa – siswi dari Batang banyak yang meneruskan ke Madrasah Aliyah yang berasal dari luar kota (Kabupaten Kendal, Pekalongan) yang jaraknya cukup jauh.

Dari fenomena tersebut, masyarakat, tokoh pendidikan, dan ulama’, menargetkan perlunya MAN di Batang. Bapak Drs. H. Mulyono selaku Kabag. TU Kanwil Depag yang berdomisili di Batang, berjuang bersama – sama demi berdirinya MAN tersebut, dan akhirnya selama bulan September – Oktober 2004 bersama Bapak Ka. Kanwil menghadap Bupati Batang (Bapak Bambang Bintoro, S.E) mohon disediakan lahan untuk mendirikan MAN Batang. Maka diterbitkan surat izin menggunakan tanah (hak pakai untuk MAN Batang).
Setelah selesai pembangunan ruang kelas dan kantor (Januari 2005) oleh Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Batang dibentuklah panitia penerimaan murid baru (PMB). Pendaftaran tercatat 145 orang dan daya tampung 3 (tiga) kelas, oleh panitia diadakan seleksi dan yang diterima sejumlah 132 siswa. Pada tanggal 18 Juli 2005 merupakan hari pertama masuk dan langsung dibentuk Komite Madrasah.
MAN Batang didirikan di atas tanah seluas 10,200 m2 dengan status tanah hak pakai, dan pada bulan November 2005 mendapat Surat Keputusan tentang statusnya sebagai sekolah negeri (Tanggal SK 26 Oktober 2005 No. 26 Tahun 2005). Kepala sekolah yang pertama bernama H. Syamsuddin, S.Ag.
2.     Letak Geografis Sekolah
MA Negeri Batang berada di Desa Karangasem Selatan, Kecamatan Batang Kabupaten Batang. MA Negeri Batang berdiri di atas tanah dengan status hukum hak pakai dengan batas-batas sebagai berikut:
Sebelah Timur          : Jalan raya Yos. Sudarso
Sebelah Utara           : Jalan raya May.Jend. Sutoyo & Lahan Sawah
Sebelah Barat            : Makam Gumuk
Sebelah Selatan         : Lahan Sawah & SDN Karangasem 13.


Visi dan Misi
Sebagai lembaga pendidikan, MA Negeri Batang memiliki visi dan misi yang menjadi tujuan ke depan dalam melaksanakan proses pembelajaran.
a.        Visi
Unggul Dalam Prestasi Berdasarkan Iman Dan Taqwa
b.       Misi
-      Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga peserta didik dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki
-      Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga Madrasah
-      Menumbuhkembangkan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran Agama Islam sebagai cirri khas pendidikan di Madrasah
-      Mengembangkan budaya kompetitif bagi siswa dalam upaya peningkatan prestasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar